Gowes Sampai Madinah, 2 Pesepeda Indonesia Disambut Jemaah

Publisher Vol/fit Internasional
30 Jun 2024, 18:20:51 WIB
Gowes Sampai Madinah, 2 Pesepeda Indonesia Disambut Jemaah

Bermodalkan uang Rp5 juta, dua pesepeda asal Indonesia, Winaryo Sutarmo dan Abdul Rahman, sampai di Tanah Suci usai menempuh perjalanan 5 bulan.


Jakarta, VokalOnline.Com - Dua pesepeda asal Indonesia, Winaryo Sutarmo dan Abdul Rahman, sampai di Madinah bersama-sama. Keduanya membuat heboh dan menjadi sasaran selfie jemaah haji di Madinah.

Bukan hanya jemaah haji asal Indonesia yang antusias melihat Winaryo dan Rahman, jemaah haji dari negara lain juga terkesan dengan perjuangan kedua pesepeda asal Indonesia bisa sampai ke Tanah Suci.

Winaryo merupakan pria asal Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Ia harus mengayuh sepeda sekitar 12 ribu kilometer selama lima bulan untuk bisa sampai ke Tanah Suci.

"Oktober tahun lalu 2023 berangkatnya. Saya sampai di Mekkah dulu. Perjalanannya ada suka dan duka, ada tantangannya juga, bisa dihadapi Alhamdulillah atas izin Allah," ujar Winaryo pada Sabtu (29/6).

Bermodal uang Rp5 juta dari Indonesia, Winaryo melewati Riau, Batam, Singapura, Malaysia, Thailand, Bangladesh, India, Pakistan, Iran, Irak, Yordania, dan ke Arab Saudi demi bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci.

Winaryo sempat kembali ke Indonesia menggunakan pesawat terbang untuk menemui sang ibu. Kini ia berencana kembali ke Indonesia menggunakan sepeda.

Winaryo tiba di Madinah bersama Abdul Rahman, pria asal Bandar Lampung, yang juga bersepeda dari Indonesia ke Arab Saudi. Keduanya disambut hangat para jemaah asal Indonesia di Madinah.

"Perjalanan saya tujuh bulan. Saya sampai di Mekkah saat bulan Ramadan. Baru hari ini sampai di Madinah. Kami bertemu di Mekkah. Kami bareng sepedaan dari Mekkah ke Madinah. Balik ke Indonesia? Insya Allah secepatnya. Kita lihat kondisinya nanti (apakah naik sepeda atau naik pesawat)," ucap Rahman.

Abdul Rahman tiba di Arab Saudi pada 11 Maret 2024 setelah menempuh jarak 12.853 kilometer.(fit)**

Berita Terkait :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment